Tumbukan Lenting

Jadi energi kinetik total kedua benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap. Jadi energi kinetik total kedua benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap.

A N G E L C O L O R S In 2020 Bullet Journal School Study Notes Pretty Notes

Ketika dua bola billiard atau dua kelereng bertumbukan apakah kamu.

Tumbukan lenting. Dengan kata lain pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik. Tumbukan lenting sempurna 1. Dua buah benda dikatakan mengalami tumbukan lenting sempurna jika pada tumbukan itu tidak terjadi kehilangan energi kinetik.

Tumbukan tidak lenting sama sekali. Tumbukanlenting sempurna fisika sma kelas xi iis purnama sari kurikulum2013 2. Tumbukan ini menerapkan beberapa pernyataan antara lain.

Peta konsep hukum kekekalan momentum tumbukan tumbukan lenting sempurna kata kunci tumbukan lenting sempurna konsep. Sebagian kebanyakan benda benda yang ada di alam mengalami tumbukan lenting sebagian di mana energi kinetik berkurang selama tumbukan. Meski begitu pada tumbukan ini juga berlaku hukum kekekalan momentum dan dengan koefisien restitusi di antara 0 sampai 1 0 e 1.

Tumbukan tidak lenting sama sekali terjadi pada sebuah plastisin dilemparkan pada bola yang diam. Dua buah benda dikatakan mengalami tumbukan lenting sempurna jika pada tumbukan itu tidak terjadi kehilangan energi kinetik. Tumbukan antara benda disebut tumbukan lenting sempurna jika momentum dan energi kinetik masing masing benda sebelum tumbukan sama dengan momentum dan energi kinetik masing masing benda setelah tumbukan.

Momentum sebelum dan sesudah tumbukan juga bernilai sama. Dua buah benda dikatakan mengalami tumbukan tidak lenting sama sekali jika setelah tumbukan kedua benda tersebut menjadi satu dan setelah tumbukan kedua benda tersebut memiliki kecepatan yang sama. Contoh dari tumbukan tidak lenting sama seekali selain plastisin adalah pada ayunan balastik.

Tumbukan lenting sempurna elastik terjadi di antara atom atom inti atom dan partikel partikel lain yang seukuran atom atau lebih kecil. Tumbukan lenting sempurna elastik terjadi di antara atom atom inti atom dan partikel partikel lain yang seukuran dengan atom atau lebih kecil lagi. Ketika terjadi tumbukan tidak lenting sama sekali sesudah tumbukan kedua benda bersatu sehingga kecepatan kedua benda sesudah tumbukan besarnya sama yaitu v1 v2 v.

M 1 v 1 m 2 v 2 m 1 m 2 v. Pada tumbukan tidak lenting sama sekali terjadi kehilangan energi kinetik sehingga hukum kekekalan energi mekanik tidak berlaku. Tumbukan ini adalah tumbukan yang mengakiatkan hilangnya energi kinetic setelah terjadi tumbukan dan menjadi energi panas bunyi atau bentuk energi lainnya.

Oleh karena itu pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi. Pada tumbukan lenting sebagian ada energi yang hilang sehingga tidak berlaku hukum kekekalan energi kinetik. Oleh karena itu hukum kekekalan energi mekanik tidak berlaku.

Penggunaan kata lenting menunjukan bahwa setelah tumbukan kedua benda tidak bergabung menjadi satu atau tidak saling menempel tetapi memantul. Besarnya kecepatan relatif juga berkurang dengan suatu faktor tertentu yang disebut koefisien restitusi. Pergerakan bola dan plastisin menyatu dan bergerak bersama sama maka tetap berlaku hukum kekekalan momentum namun hukum kekekalan energy kinetik tidak berlaku dalam peristiwa jenis ini.

Berlakunya hokum kekekalan momentum nilai koefisien restitusi e 0 e 1.

Pin Oleh Aviata Elisa Di S T U D Y Di 2020 Buku Pelajaran Belajar Desain Pamflet

Pin En Apuntes


LihatTutupKomentar