Tumbukan Lenting Sempurna Berlaku Hukum Kekekalan

Maka dari itu dapat diambil kesimpulan bahwa pada peristiwa tumbukan jumlah momentum benda benda sebelum dan sesudah tumbukan tetap asalkan tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda benda tersebut. Tumbukan lenting sempurna hanya terjadi pada benda yang bergerak saja.

Memahami Konsep Dasar Tentang Momentum Linear

Tumbukan lenting sempurna jika pada peristiwa tumbukan itu energi kinetik system adalah tetap.

Tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan. Pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik. Dua buah benda memiliki massa masing masing m 1 dan m 2 bergerak saling mendekati dengan kecepatan sebesar v 1 dan v 2 sepanjang lintasan yang lurus. Berdasarkan berlaku atau tidaknya hukum kekekalan energi mekanik khususnya energi mekanik tumbukan terbagi atas dua jenis yaitu tumbukan lenting sempurna dan tumbukan tidak lenting.

Misalnya dua buah benda massanya masing masing m 1 dan m 2 bergerak dengan kecepatan v 1 dan v 2 dengan arah berlawanan seperti pada gambar 5 6. Tumbukan lenting sempurna hanya terjadi pada benda yang bergerak saja. Misal ada dua buah benda memiliki massa masing masing m 1 dan m 2 bergerak saling mendekati dengan kecepatan sebesar v 1 dan v 2 sepanjang lintasan yang lurus.

Sesuai dengan hukum kekelan energi maka pada momentum juga berlaku hukum kekekalan dimana momentum benda sebelum dan sesudah tumbukan sama. Dengan kata lain pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik. Meski begitu pada tumbukan ini juga berlaku hukum kekekalan momentum dan dengan koefisien restitusi di antara 0 sampai 1 0 e 1.

Pada tumbukan lenting sebagian ada energi yang hilang sehingga tidak berlaku hukum kekekalan energi kinetik. Tumbukan sentral adalah tumbukan yang terjadi bila titik pusat benda yang satu menuju ke titik pusat ben berdasarkan sifat kelentingan atau elastisitas benda yang ber tumbukan tumbukan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu tumbukan lenting sempurna tumbukan lenting sebagian dan tumbukan tidak lenting sama sekali. Tumbukan lenting sempurnaadalah peristiwa tumbukan yang terjadi jika energi kinetik pada sistem tersebut adalah tetap berlaku hukum kekekalan energi kinetik contohnya peristiwa tumbukan pada bola billiard.

Pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik. Penggunaan kata lenting menunjukan bahwa setelah tumbukan kedua benda tidak bergabung menjadi satu atau tidak saling menempel tetapi memantul. Oleh karena itu pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik.

Tumbukan memiliki 3 jenis yaitu tumbukan lenting sempurna tumbukan lenting sebagian dan tumbukan tidak lenting sama sekali. Oleh karena itu pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik. Tumbukan yang paling sederhana adalah tumbukan sentral.

Dua buah benda memiliki massa masing masing m 1 dan m 2 bergerak saling mendekati dengan kecepatan sebesar v 1 dan v 2 sepanjang lintasan yang lurus.

Ilmu Pengetahuan 2 Contoh Soal Fisika Lenting Sempurna

Momentum Impuls Hukum Kekekalan Momentum Dan Tumbukan Ppt Download

Fisika Kekekalan Momentum Dan Tumbukan Fisika Kekekalan Momentum Dan Tumbukan

Tumbukan Lenting Sempurna

Tumbukan Lenting Sempurna

Doc Teori Tumbukan Indriyani Indriyani Academia Edu

Impuls Dan Momentum

Berkelas Ppt Download

Tumbukan Sma Kelas Xi Semester 1 Tumbukan Sma Kelas Xi Semester Ppt Download

Tumbukan Ida Puspita Nim Ppt Download

Hukum Kekekalan Momentum Dan Tumbukan Pada Tumbukan Lenting Sempurna Berlaku Hukum Kekekalan Momentum Dan Hukum Kekekalan Energi Kinetik Yaitu Jumlah Energi Kinetik Kedua Benda

Putri Okta Diana Tumbukan Ppt

Fisika Impuls Dan Momentum Asriyadin Ppt Download

Tumbukan Lenting Sempurna

Rahasia Jenis Jenis Tumbukan Dan Contoh Soal Hukum Kekekalan Energi

Doc 3 Macam Tumbukan Hukum Kekekalan Momentum Jenis Jenis Tumbukan Putra Penyendiri Academia Edu

Fisika

Momentum Impuls

Momentum Dan Impuls Bab Pendahuluan Ppt Download


LihatTutupKomentar