Pada Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali Berlaku Hukum Kekekalan

Tumbukan memiliki 3 jenis yaitu tumbukan lenting sempurna tumbukan lenting sebagian dan tumbukan tidak lenting sama sekali. Hukum kekekalan momentum hanya berlaku pada waktu yang sangat singkat ketika peluru dan balok bertumbukan karena pada saat itu belum ada gaya luar yang bekerja.

Momentum Linear Dan Impuls 2 Pengertian Tumbukan Tumbukan Satu Dimensi Tumbukan Dua Dimensi Hukum Kekekalan Momentum Linear Duniakumu

Ketika dua buah benda saling bertumbukan tidak lenting sama sekali maka berlaku.

Pada tumbukan tidak lenting sama sekali berlaku hukum kekekalan. Dimana energi kinetik total antara dua benda yang saling bertumbukan sebelum dan setelahnya adalah sama nilainya. Ketika terjadi tumbukan tidak lenting sama sekali sesudah tumbukan kedua benda bersatu sehingga kecepatan kedua benda sesudah tumbukan besarnya sama yaitu v 1 v 2 v. Tumbukan lenting sempurna adalah peristiwa tumbukan yang terjadi jika energi kinetik pada sistem tersebut adalah tetap berlaku hukum kekekalan energi kinetik contohnya peristiwa tumbukan pada bola billiard.

Tumbukan tidak lenting sama sekali etik sehingga hukum kekekalan energi mekanik tidak berlaku. Maka dari itu dapat diambil kesimpulan bahwa pada peristiwa tumbukan jumlah momentum benda benda sebelum dan sesudah tumbukan tetap asalkan tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda benda tersebut. Apakah pada tumbukan tidak lenting sama sekali berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik.

Pergerakan bola dan plastisin menyatu dan bergerak bersama sama maka tetap berlaku hukum kekekalan momentum namun hukum kekekalan energy kinetik tidak berlaku dalam peristiwa jenis ini. Tumbukan lenting sempurna adalah tumbukan yang energi kinetiknya kekal. Tumbukan tidak lenting sama sekali terjadi pada sebuah plastisin dilemparkan pada bola yang diam.

Pada tumbukan tidak lenting sama sekali terjadi kehilangan energi kinetik sehingga hukum kekekalan energi mekanik tidak berlaku. Pada tumbukan jenis ini kecepatan benda benda sesudah tumbukan sama besar benda yang bertumbukan saling melekat. Sehingga pada tumbukan ini hanya berlaku hukum kekekalan momentum dan tidak berlaku hukum kekekalan energi kinetik.

Pada tumbukan lenting sempurna akan berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi mekanik. Tumbukan lenting sempurna jika pada peristiwa tumbukan itu energi kinetik system adalah tetap. Hukum kekekalan momentum 3.

Berdasarkan berlaku atau tidaknya hukum kekekalan energi mekanik khususnya energi mekanik tumbukan terbagi atas dua jenis yaitu tumbukan lenting sempurna dan tumbukan tidak lenting. Pada tumbukan tidak lenting sama sekali setelah tumbukan kedua benda menjadi satu dan bergerak bersama bersama. Dengan memahami ciri khas tumbukan tak lenting sama sekali maka soal seperti di atas dapat dikerjakan dengan lebih mudah.

Perhatikan gambar di atas. Sesuai dengan hukum kekelan energi maka pada momentum juga berlaku hukum kekekalan dimana momentum benda sebelum dan sesudah tumbukan sama. Misalnya tumbukan antara peluru.

Hukum Kekekalan Momentum Dan Tumbukan Ppt Download

Momentum Impuls Mata Kuliah Fisika Dasar 1 Sks 3 Sks Dosen Selli Mariko S Si M Pd Nidn Phone Ppt Download

Momentum

Momentum Linear Dan Tumbukan Ppt Download

Memahami Konsep Dasar Tentang Momentum Linear

Momentum Dan Impuls

Fisika Kekekalan Momentum Dan Tumbukan Fisika Kekekalan Momentum Dan Tumbukan

Momentum Dan Impuls

Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali Smk Kesehatan Samarinda Ppt Download

Doc 3 Macam Tumbukan Hukum Kekekalan Momentum Jenis Jenis Tumbukan Putra Penyendiri Academia Edu

Tumbukan Untuk Kelas Xi Semester 2 Lanjut Edi Mashudi Sman 2 Kuningan Ppt Download

Momentum

Erik Kadarismansyah Rumus Tumbuka Lenting Sempurna

Momentum Impuls

Tumbukan Lenting Sempurna Contoh Soal Un Fisika Sma Kelas Xi Cute766

Impuls Dan Momentum

Hukum Kekekalan Momentum

Mohon Bantuannya Untuk Tugas Fisika Esok Dua Buah Benda Yang Terbuat Dari Tanah Di Mana Kelajuan Brainly Co Id

Impuls Momentum


LihatTutupKomentar