Senjata Tumbuk Lada

Baru aje ambik. Senjata jenis pisau ini kini tetap dilestarikan oleh daerah daerah yang memiliki akar melayu.

Pin Oleh Tama Di Badik Tumbuk Lada Sewar Di 2020 Pisau

Model badik ini sederhana.

Senjata tumbuk lada. Tumbuk lado atau tumbuk lada ternyata tidak hanya menjadi senjata tradisional indonesia saja khususnya sumatera melainkan malaysia juga punya. Sejenis pisau yang tajam dan di gunakan dengan cara pegang mata ke belakang dan ke hadapan. Ia boleh dipegang dengan dua jenis genggaman iaitu dengan mata keatas ataupun mata ke bawah.

Tumbuk lada berbentuk pisau yang umumnya terbuat dari bahan logam kuningan yang bersifat racun dan digunakan untuk pertarungan jarak dekat. Badik tumbuk lado menjadi salah satu senjata tradisional melayu dan batak yang tersohor hingga keseluruh dunia. Senjata tradisional melayu tumbuk lada matanya melengkung bongkok udang bentuk balik sumpah tajam sebelah dan meruncing di hujung.

Lebar di atas menghasilkan garis gerak yang cepat. Tumbuk lada digunakan secara menikam menghiris dan menjajah dalam pertempuran jarak dekat. Disamping makna besi mersik tumbuk lada juga banyak digunakan hanya sebagai barang hiasan dan juga sebagai senjata.

Pisau tumbuk lada adalah pisau spesifik karo. Senjata tradisional badik tumbuk lada yang pertama dan yang paling populer adalah senjata bernama badik tumbuk lada. Badik tumbuk lada memiliki arti senjata tikam tumbuk lada.

Tumbuk lada merupakan senjata tradisional khas kerajaan aru karo dan melayu di pesisir sumatera timur khususnya melayu langkat melayu deli dan melayu serdang. Senjata tradisional jambi ini adalah senjata khas masyarakat melayu. Tumbuk lada adalah salah satu senjata tradisi melayu selain parang golok dan badik.

Tumbuk lado malaysia tumbuk lado indonesia kebudayaan. Senjata tradisional jambi ini berupa sebuah badik senjata tikam dengan keunikan terdapat pada desain gagang bilah dan sarungnya. Bagian sarungnya dilapis dengan kepingan perak yang diukir dengan pola pola rumit.

Untuk menentukan serasi atau tidaknya pisau tumbuk lada ditangan seseorang. Badik tumbuk lada memiliki bentuk yang cukup unik. Memiliki kesamaan dengan senjata yang berada di kepulauan riau dan semenanjung melayu.

Seorang yang ahli dalam permainan tumbuk lada mampu menukar genggaman senjata ini ketika bertemput bagi mengelirukan musuh. Senjata tradisional ini berbentuk seperti badik khas dari sulawesi hanya saja pada sarung tumbuk lada terdapat benjolan bundar yang dihias dengan ukiran pahat. Mata tumbuk lada juga diperbuat daripada besi campuran tetapi tidak berpamur.

Pin Oleh Ansori Mk Di Tumbuk Lada Dan Badik Di 2020

Pin On Keris

Badik Tumbuk Lada Kepulauan Riau Senjata

Badai Mencak Kelambit Biru Badik Tumbuk Lada Sudah Berubah Wajah Wajah Seni

Pin On Keris

Pin By Shahrial Tahar On Malays Golok Kerambit Badik In 2020 Parang Pocket Knife Southeast Asia

Reserved Products Antiques Antique Art Asian Antiques

Pin Di Keris

Malay Badik And Tumbuk Lada Swords And Daggers Knife Traditional

Reserved Products Antiques Antique Art Islamic Art

Senjata Tradisional Lampung Budaya Ukiran Kayu Cara Menggambar

Three Waves Keris Keris Senjata

Pin Oleh Shahrial Tahar Di Badik Pisau Antik

Pin On Keris

Pin Di Indonesische Waffen Indonesian Weapons Kris

Pin On Ikat Batik And Kabaya

Badik Tumbuk Lado Pembuatan Pisau Senjata Pisau

Benda Pusaka Karo Pisau Gambar Lucu Lucu

Badai Mencak Kelambit Biru Badik Tumbuk Lada Sudah Berubah Wajah Wajah Seni


LihatTutupKomentar