Tumbukan Molekul

Molekul molekul gas selalu bergerak lurus ke segala arah. Kecepatan gerak molekul gas dipengaruhi oleh perubahan suhu.

Studygram Studyrifah Instagram Profile Picdeer Belajar Buku Catatan Buku

1 jumlah per satuan volume per satuan waktu 2 molekul molekul yang diambil bagian dalam tumbukan harus mempunyai energi yang cukup energi pengaktivasi.

Tumbukan molekul. Kemungkinan suatu tumbukan tertentu untuk menghasilkan reaksi kimia tergantung dari. Pada sekumpulan besar molekul setiap saat selalu terjadi tumbukan antar molekul tumbukan ini menimbulkan dipol sementara membentuk muatan parsial positif pada salah satu ujung molekul dan muatan parsial negatif pada ujung yang lain terdistorsi. Molekul molekul yang terdistorsi selanjutnya menginduksi molekul lain membentuk dipol terinduksi.

Tumbukan terjadi jika dua molekul atau lebih permukaannya saling bersentuhan pada satu titik. Energi aktivasi adalah energi yang dimiliki yang harus dimiliki molekul untuk dapat bereaksi. Teori tumbukan adalah suatu teori yang diusulkan secara independen oleh max trautz pada tahun 1916 dan william lewis pada tahun 1918.

Gas yang kita pelajari adalah gas ideal yaitu gas yang secara tepat memenuhi hukum hukum gas. Keadaan itu didasarkan pada 2 faktor yaitu. Jumlah tumbukan antara molekul molekul per satuan waktu disebut frekuensi tumbukan.

Semakin tinggi suhu maka semakin cepat gerak molekul molekul gas. Tumbukan terjadi jika dua molekul atau lebih permukaannya saling bersentuhan pada satu titik. Tumbukan antara molekul molekul gas dengan dinding wadahnya bersifat elastis sempurna artinya molekul molekul gas akan dipantulkan kembali tanpa kehilangan energi.

Pengertian satu titik disini adalah jika dianggap bentuk molekul bulat seperti bola maka pada pertemuan tersebut jarak antarpusat inti sama dengan diameternya untuk jenis molekul yang mempunyai ukuran sama. Akibat terbentuk dipol sementara pada sejumlah. Menurut teori tumbukan sederhana laju reaksi didasarkan pada.

Tumbukan yang dapat menghasilkan. Pada gambar 3 7 ditunjukkan bahwa jumlah tumbukan yang orientasinya tidak memungkinkan terjadi reaksi umumnya lebih banyak daripada jumlah tumbukan yang memungkinkan terjadinya reaksi. Molekul molekul harus mempunyai orientasi tertentu agar tumbukan efektif untuk menghasilkan reaksi kimia.

Hal itu berarti peluang suatu tumbukan tertentu untuk menghasilkan reaksi umumnya kecil. Laju reaksi karenanya meningkat. Tetapi tidak semua tumbukan akan menghasilkan reaksi kimia.

Hal itu berarti hanya sebagian dari tumbukan molekul yang menghasilkan reaksi. Dengan demikian semakin sering terjadi tumbukan di antara molekul molekul tersebut. Pada kenyataannya tidak ditemukan gas ideal akan tetapi sifat sifat gas ideal dapat didekati oleh sekumpulan gas pada temperatur tinggi dan tekanan rendah.

Pengertian satu titik disini adalah jika dianggap bentuk molekul bulat seperti bola maka pada pertemuan tersebut jarak antarpusat inti sama dengan diameternya untuk jenis molekul yang mempunyai ukuran sama. Hanya molekul molekul yang lebih energik yang akan menghasilkan reaksi sebagai hasil tumbukan. Semakin tinggi energi.

Tumbukan terjadi jika dua molekul atau lebih permukaannya saling bersentuhan pada satu titik. Jumlah tumbukan antara molekul molekul per satuan waktu disebut frekuensi tumbukan. Sebelum molekulmolekul tersebut dapat diubah menjadi produk.

Teori tumbukan sangat. Bila katalis terlibat dalam tumbukan antara molekul reaktan diperlukan sedikit energi agar terjadi perubahan kimiawi dan karenanya lebih banyak tumbukan memiliki energi yang cukup untuk reaksi terjadi. Pengertian satu titik disini adalah jika dianggap bentuk molekul bulat seperti bola maka pada pertemuan tersebut jarak antarpusat inti sama dengan diameternya untuk jenis molekul yang mempunyai ukuran sama.

Dalam gas misalnya tekanan gas berkaitan dengan tumbukan yang tak henti hentinya dari molekul molekul gas terhadap dinding dinding wadahnya.


LihatTutupKomentar