Koefisien Restitusi Tumbukan Lenting Sempurna

Tumbukan ini adalah tumbukan yang mengakiatkan hilangnya energi kinetic setelah terjadi tumbukan dan menjadi energi panas bunyi atau bentuk energi lainnya. Benda yang tumbukan dengan nilai e 1 mengalami lenting sempurna.

A N G E L C O L O R S In 2020 Bullet Journal School Study Notes Pretty Notes

Dsb mengalami lenting sebagian.

Koefisien restitusi tumbukan lenting sempurna. Untuk tumbukan tidak lenting nilai e 0. Sedangkan dua benda yang nilai e berada diantara 0 dan 1 misalnya. Nilai restitusi berkisar antara 0 dan 1 0 e 1.

Untuk tumbukan lenting sempurna nilai e 1. Tumbukan ini menerapkan beberapa pernyataan antara lain. Bila koefisien restitusi dinyatakan dengan huruf e maka derajat berkurangnya kecepatan relatif benda setelah tumbukan dirumuskan sebagai berikut.

Apabila dalam soal terdapat sebuah massa pertama yang diam lalu massa kedua ditembakkan atau didekatkan dan hasil akhir massa tersebut saling bergabung dan bergerak dapat dipastikan soal tersebut bertipe tumbukan tidak lenting sama sekali. Dan apabila contoh soal berbentuk koefisien restitusi perlu quipperian ingat bahwa nilai koefisien restitusi pada tumbukan lenting sempurna adalah 1. Koefisien restitusi adalah negatif perbandingan kecepatan relatif kedua benda setelah tumbukan dengan sebelum tumbukan.

Berlakunya hokum kekekalan momentum nilai koefisien restitusi e 0 e 1. Untuk tumbukan lenting sempurna nilai e 1. Nilai koefisien restitusi pada tumbukan benda yang.

Tumbukan tidak lenting sama sekali. Sedangkan untuk tumbukan lenting sebagian mempunyai. Untuk tumbukan tidak lenting nilai e 0.

Pada persamaan diatas koefisien restitusinya 1 jadi dapat disimpulkan tumbukan lenting sempurna memiliki koefisien restitusi 1. Tumbukan tidak lenting sama sekali disebut juga sebagai tumbukan tak elastik. Nilai koefisien restitusi e 0.

Bila koefisien restitusi dinyatakan dengan huruf e maka derajat berkurangnya kecepatan relatif benda setelah tumbukan dirumuskan sebagai berikut. Nilai restitusi berkisar antara 0 dan 1 0 e 1. Persamaan diatas merupakan koefisien restitusi e.

Pin En Apuntes


LihatTutupKomentar